Senin, 13 Februari 2017

Rumah Plastik

Rumah Plastik Hidroponik

Penanaman Hidroponik sebaiknya dilakukan dalam rumah plastik atau greenhouse, rumah plastik dibangun seperti los pasar dengan kerangka kayu, atau bambu kering. Ukuran bisa 7m x 10m, atau bebas yang penting aman. Jarak antar rumah plastik (kalau memang membangun lebih dari satu) sebaiknya dibuat 2 meter agar sirkulasi udara dapat masuk dengan leluasa, sehingga dapat menyejukkan lingkungan. Rumput rumput yang tumbuh diantara sela sela rumah plastik harus selalu dibabat agar tidak menjadi sarang hama bagi tanaman.

Rumah plastik

Atap rumah menggunakan lembaran plastik UV, tinggi samping rumah plastik sebaiknya 4 meter, dan menggunakan jaring paranet atau jaring anti serangga, jaring ini dipasang dengan rapat dari atas sampai bawah.

Lantai yang berada dalam rumah plastik cukup dibersihkan saja dari rumput rumput liar, kemudian ditata media penanamannya sesuai yang diinginkan. Bisa model NFT, Aeroponik, DFT, dan yang lainnya.

Sebelum dipakai, ruangan rumah plastik harus dibebas hamakan terlebih dahulu, dengan jalan ditutuprapat agar suhu naik sekitar 50 derjat. Suhu setinggi ini memang belum mematikan serangga atau hama, hanya saja melumpuhkan saja. setelah itu didinginkan hingga mencapai 40 derajat, dan kemudian disemprotkan formalin untuk menumpas benih bakteri dan cendawan ditambahkan insektisida.
Kemudian rumah plastik siap diinstalasikan untuk menanam tanaman hidroponik.

1 komentar:

terimakasih