Rabu, 22 Februari 2017

Hidroponik Pekarangan Rumah

Berhidroponik di Pekarangan Rumah

Hidroponik pada dasarnya adalah bertanam dengan meminimlisir penggunaan lahan. Dari pengertian tersebut maka salah satu tujuan hidroponik adalah bisa juga untuk bertanam di pekarangan rumah sendiri. Adanya teknik hidroponik ini bisa memudahkan seseorang untuk melakuakan penanaman / bercocok tanam di pkarangan rumah. Hidroponik tek memerlukan tanah untuk media, hanya membutuhkan air saja yang menjadi bahan pokok utama, sehingga halaman kemungkinan tidak terlalu kotor, dan kelihatan bersih

Berhidroponik tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukannya, kalau memang sudah tahu teknik dasar hidroponik itu sendiri. hidroponik bisa dimodel sesederhana mungkin sehingga memotong biaya aplikasinya.
berhidroponik dipekarangan rumah


Salah satu cara dan mungkin dari salah satu banyak cara untuk melakukan hidroponik yang murah di pekarangan rumah adalah dengan menggunakan barang bekas, seperti gelas air mineral, botol bekas mineral, dan yang lainnya yang mungkin dikira bisa digunakan untuk berhidroponik.

hidroponik halaman rumah

Cara seperti itu bisa memotong biaya dari berhidroponik, mestipun tidak memotong 100% dari semua biaya, hanya saja mungkin yang memerlukan biaya adalah untuk membeli nutrisinya, akan tetapi juga tidak terlalu mahal, 1 kemasan kecil paling sekitar 25rb untuk kapasitas 100 liter air.

Alangkah lebih sempurnanya jika bisa membuat ramuan pupuk hidroponik sendiri, mungkin ini akan bisa 100% memotong biaya berhidroponik. Bisa juga menggunakan aquapponik atau budidaya ikan dan selanjutnya air kolamnya disirkulasikan untuk digunakan nutrisi hidroponik. Akan tetapi, menggunakan pupuk sendiri maupun menggunakan air kolam ikan kandungan nutrisinya kurang begitu lengkap, akhirnya bisa juga menghambat pertumbuhan tanaman, mungkin untuk tanaman seperti kangkung atau tanaman yang gampang hidup disa dilakukan praktek seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih